Lindungi Kepunahan Orangutan, Cara Terbaik adalah Jaga Habitatnya

Foto: Orangutan merupakan satu-satunya kera besar endemik yang kini tersisa di Pulau Sumatra dan Pulau Kalimantan, oleh karenanya jenis ini menjadi spesies payung pada wilayah itu. 

 

Roman.id–Kondisi hewan liar yang ada di Indonesia kian hari semakin terancam. Berdasarkan data, orangutan merupakan satu-satunya kera besar endemik yang kini tersisa di Pulau Sumatra dan Pulau Kalimantan, oleh karenanya jenis ini menjadi spesies payung pada wilayah itu.

Dikutip melalui National Geographic, M. Arif Rifqi, Praktisi Konservasi Habitat Satwa Terancam Punah dari Yayasan Konservasi Alam Nusantara, mengatakan bahwa sebagai sebagai spesies payung, aktivitas orangutan akan sangat memengaruhi ekosistem di sekitarnya.

Sebagai contoh, menurut Arif, daya jelajah orangutan yang luas mampu menyebarkan biji dari buah-buah hutan yang dimakan dan keluar melalui kotoran. Biji dari feses mereka berkualitas bagus dan bisa tumbuh subur lebih baik daripada biji dari persemaian atau penanaman konvensional oleh manusia.

Arif mengatakan, masih banyak potensi orangutan yang belum dieksplorasi manusia. Selama ini, studi-studi tentang hewan bermarga Pongo ini lebih banyak mengupas populasi dan habitatnya. Padahal, menurut Arif, tanaman yang dikonsumsi orangutan berpotensi sebagai tanaman obat maupun tanaman pangan manusia.

Facebook Comments Box